Tips Untuk Mengatasi Rasa Malas

                                                                                       gambar: ilustrasi


          Rasa malas memang menjadi momok menakutkan bagi sebagian kalangan, khususnya para pekerja yang dituntut aktif dalam berkarya. Dengan tugas-tugas yang menumpuk serta dikejar deadline tentu rasa malas sangatlah mengganggu. Jika kita sudah merasa malas, maka tidak ada aktivitas yang bisa kita lakukan selain tidur-tiduran seharian. Hal ini mengakibatkan banyaknya tugas pekerjaan tidak terselesaikan.

        Nah, untuk mengatasi hal tersebut saya punya solusi jitu untuk mengatasi rasa malas. Ini saya dapat dari pengalaman pribadi karena saya mantan pemalas hehehe. Saya punya Tips jitu yang dijamin akan merubah anda dari pemalas menjadi rajin dalam segala hal, berikut ini tipsnya : 


1. Buatlah To-Do List

     Cara pertama ini bertujuan untuk memprogram kegiatan sehari-hari kamu agar lebih sistematis dan terprogram dengan jadwal-jadwal yang kamu buat. Buatlah jadwal apa yang bisa kamu lakukan dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi. Beri estimasi waktu terhadap jadwal yang kamu buat, estimasi waktu hanya berguna sebagai indikator saja apakah tugasmu sudah terlaksana apa belum. Dan jangan terpaku pada waktu yang kamu cantumkan pada to-do list.

Contoh To-Do List : 
                                                                sumber: gambar

2. Jangan Pernah Menunda Pekerjaan

          Salah satu penyebab tidak terselesainya suatu pekerjaan adalah seringnya kita menunda-nunda pekerjaan. Biasanya kita menyepelekan pekerjaan itu, ah pekerjaan mudah bisa dikerjakan nanti nanti dan nanti akhirnya kita tidak pernah menyetuhnya sama sekali. 

           Hal inilah yang biasanya saya alami jika terdapat suatu pekerjaan yang harus saya kerjakan. Saya sering menyepelehkan pekerjaan walaupun memang itu pekerjaan mudah dan dapat selesai dalam waktu 1 jam. Dan akhirnya pekerjaan itu tidak saya sentuh sama sekali hingga deadline menjemput saya akhirnya berantakan semua. Pekerjaan yang harusnya selesai dalam waktu 1 jam saya kerjakan dalam waktu 15 menit. Tentu saja hasil pekerjaan saya jauh dari kata sempurna bahkan cenderung asal-asalan.

            Saran saya jangan pernah menunda-nunda segala bentuk pekerjaan maupun itu susah ataupun mudah sekalipun. Jika ada tugas segerakan untuk dikerjakan selagi ada waktu, lakukan sekarang jangan tunda nanti atau besok besok dan besok. Karena jika kita sudah terbiasa menunda pekerjaan maka itu akan mengakar di dalam kehidupan kita sampai tua nanti. Kalau tidak sekarang kapan lagi ? Sekarang atau tidak sama sekali !!!

3. Kata-kata Motivasi


           Buatlah kata-kata motivasimu sendiri untuk mengusir rasa malasmu. Tempel di kamar atau di kantor atau di buku catatan. Karena hal ini sangat berpengaruh dalam psikologis seseorang untuk menambah semangat dalam melakukan pekerjaan. Saya sendiri sudah melakukan hal tersebut dan terbukti saya lebih terdorong untuk selalu giat dalam bekerja karena terpengaruh dan termotivasi dari kata-kata atau quotes yang saya tempel.

4. Jangan Berpindah-pindah Dalam Mengerjakan Sesuatu
             
          Jika kamu sedang dalam mengerjakan pekerjaan A dan belum menyelesaikanya katakan masih 45% misalnya, jangan lantas kamu berpindah mengerjakan pekerjaan B. Hal ini akan menyebabkan terbengkalainya pekerjaan sebelumnya dan mengakibatkan rasa malas untuk kembali melanjutkan pekerjaan A. Yang akan ditakutkan jika kamu berpindah dari pekerjaan A ke pekerjaan B dan pekerjaan B tidak selesai karena sulit misalnya, kamu akan berpindah kembali menuju pekerjaan yang baru yang kamu anggap lebih mudah, padahal semua pekerjaan itu sama tingkat kesulitanya. Cuman yang membedakan adalah dari segi mana kamu memandang kesulitan itu, karena saya memandang kesulitan sebagai tantangan dan saya harus bisa menaklukan tantangan itu. Jika sudah berpindah-pindah pekerjaan maka akan ada pekerjaan C, D, E, F dan seterusnya hingga akhirnya pekerjaan A pasti terbengkalai karena kamu malas mengulangi pekerjaan yang lama yang kamu anggap usang. Karena mindset kita selalu ingin yang baru dan tidak ingin berurusan dengan hal-hal yang lama untuk di bawa ke dalam waktu yang baru.

5. Fokus 

        Dalam melakukan suatu pekerjaan kita harus dituntut selalu konsentrasi dan juga fokus. Jika kita dalam melakukan pekerjaan sudah tidak fokus pada satu tujuan yakni tetap pada jalan pekerjaan yang kita kerjakan, maka pasti tugas yang kita kerjakan berantakan dan terbengkalai. Sebagai contoh saya sendiri, dulu saya sering dalam mengerjakan tugas kuliah selalu tidak fokus. Jika sedang mengerjakan tugas A misalnya, di tengah-tengah pengerjaan saya selalu selingi dengan hiburan. Misalnya melihat video, bermain game, makan dan lain-lain, hingga akhirnya perhatian saya teralihkan oleh hiburan tersebut hingga sekian lama. Mengerjakan tugasnya 10 menit dan belum selesai, hiburanya 2 jam sampai akhirnya saya mengantuk dan malas mengerjakan tugas A.

        Apa yang saya alami tentunya tidak ingin di alami oleh kawan-kawan bukan ? maka dari itu mulai sekarang ubah mindset kita agar tidak menjadi pemalas. Karena menurut saya pemalas adalah pecundang yang nyata di era super modern seperti sekarang ini. Fokuslah pada satu tujuan tetaplah pada jalur pekerjaanmu dan selesaikanlah Karena kunci kesuksesan adalah dari apa yang kita lakukan dan dengan kerja keras kita pasti sukses. Apa yang akan terjadi di hari esok adalah hasil dari apa yang kita lakukan sekarang.

"Kesuksesan itu hasil dari 1% pemikiran dan 99% tindakan"
                                                                        -Albert Einstein-


Previous
Next Post »